Sekolah seharusnya bisa menjadi tempat belajar apapun untuk para siswa nya, jadi tidak hanya mempelajari secara teori atau praktek materi-materi yang ada pada mata pelajaran yang ada di kurikulum SMA. Oleh karena itu, SMA IT Tunas Harapan Ilahi setiap tahun ajarannya melaksanakan berbagai project yang berhubungan dengan kegiatan dalam kehidupan nyata, untuk melatih skill keterampilan para siswanya.

Sebelum masa pandemi covid seperti ini, para siswa khususnya kelas 10 dan 11 SMA IT Tunas Harapan Ilahi terbiasa dengan kegiatan berdagang di kantin yang mereka kelola dalam forum yang bernama lab bisnis. yang dimana nantinya keuntungan yang mereka peroleh, akan mereka rasakan sendiri di akhir waktu mereka berada di SMA IT Tunas Harapan Ilahi sesuai presentase yang sudah disepakati. Sama hal nya berdagang, project yang rutin dilakukan di SMA IT Tunas Harapan Ilahi adalah magang kerja di sebuah perkantoran. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh satu angkatan dan dilaksanakan setelah melakukan Penilaian Akhir Semester selama kurang lebiih satu bulan.

Namun untuk Tahun ajaran 2020/2021 ini ada yang berbeda. Pandemi covid 19 ini memaksa para siswa untuk tidak bisa hadir ke sekolah untuk melaksanakan dagang di kantin, pun juga dengan kegiatan magang yang memang tidak bisa dilaksanakan karena SMA IT Tunas Harapan Ilahi ingin menjaga keamanan dan kenyamanan para siswa nya. Tapi hal ini tidak serta merta membuat para siswa berhenti belajar untuk melaksanakan project kegiatan. Kepala Sekolah bersama dengan dewan guru telah menyiapkan project-project yang bisa dilaksanakan oleh para siswa walaupun itu dilaksanakan dirumah masing- masing.

Total ada 4 project yang dilaksanakan para siswa dirumah, yaitu project Dagang Online, project Budikdamber+ (budi daya ikan dalam ember + menanam kangkung diatasnya), project Menerjemahkan cerita, dan project membuat kamus. Untuk Project dagang online dilaksanakan secara berkelompok yang anggotanya berisikan campuran antara kelas 10 dan kelas 11. Untuk project budikdamber di bebankan untuk ke masing - masing individu para siswa baik kelas 10 atau kelas 11. Untuk project terjemahan ditugaskan untuk para siswa kelas 11 dan project membuat kamus ditugaskan untuk para siswa kelas 10. masing- masing project diberikan waktu yang berbeda - beda, seperti dagang online yang dari awal semster bergulir sudah mulai dilaksanakan yaitu sekitar 4 - 5 bulan. untuk budikdamber dimulai di awal september dan berakhir di akhir november. Untuk project terjemahan dan membuat kamus masing-masing diselesaikan siswa dalam waktu 2 bulan.

 

 

 

Dan pada tanggal 7 Desember 2020 kemarin dan masih berlangsung sampai artikel ini terbit, sedang dilaksanakan Ujian Project SMA IT Tunas Harapan Ilahi 2020/2021. Tujuan Ujian Project ini adalah untuk mengetahui hasil pengerjaan project berupa laporan yang di buat oleh para siswa. Teknis pelaksanaannya adalah siswa mempresentasikan laporan hasil project mereka kepada para penguji yang diisi oleh para dewan guru. Adapun  tempat pelaksanaan ujian project ini berbeda-beda, dengan penguji yang berbeda pula sesuai bidangnya masing-masing. Untuk project individu seperti dagang online, terjemahan dan kamus, para siswa dipinta untuk hadir sesuai jadwal yang sudah ditentukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan untuk project dagang online karena dilakukan secara berkelompok maka pelaksanaan presentasi laporan nya dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi meeting zoom.

Untuk bagian presentasi budikdamber, para siswa secara individu harus menjelaskan hasil projectnya didepan penguji yang disini adalah Ust Syahroni, Ustdzh Dewi, dan Ustdh Ike. para siswa secara bergantian dengan berpenampilan layaknya sedang mempresentasikan sebuah project besar di depan para investor. Untuk project terjemahan dan membuat kamus para siswa harus berhadapan dengan para penguji yaitu Ustdzh Annisa, Ustdzh Dwi, dan juga Ustdzh Nurhalimah. Proses Ujian Project ini memang diciptakan agar para siswa mempunyai pengalaman dalam mempresentasikan hasil kerja atau project yang mereka lakukan di dunia perkuliahan atau pun di dunia pekerjaan nanti. dan terakhir untuk Project dagang online, para siswa diuji oleh Ustdzh Yuli dan Ust Ari secara online.

Sampai artikel ini terbit, sudah 2 hari pelaksanaan ujian project SMA IT Tunas Harapan Ilahi berlangsung. dan hampir separuh siswa yang melaksanakan project, sudah selesai mempresentasikan hasil laporannya.